btgsa.com memberikan beberap artikel menarik.

Selasa, 18 Agustus 2020

Tanda Tanda Mau Melahirkan Anak Pertama Berbeda Dengan Kedua


Kehamilan memang unik. Tak jarang jika wanita memiliki perbedaan antara kehamilan pertama, kedua, bahkan ketiga. Masing-masing kehamilan pasti memiliki ceritanya sendiri, mulai dari tanda awal kehamilan hingga tanda tanda mau melahirkan.

Banyak wanita yang merasa lebih lelah saat kehamilan kedua. Wajar memang, karena mungkin saja karena masih mengurus kakak, ibu menjadi kurang istirahat. Jam tidur ibu pun terbatas.jika begini, cobalah berdiskusi dengan pasangan. Berikan tubuh waktu istirahat semaksimal mungkin. Saat ada waktu untuk beristirahat, segeralah manfaatkan.

Rasa khawatir tentu muncul di benak ibu, apakah nantinya kelahiran kedua ini akan lebih sakit? Rasa nyeri, terutama bagian punggung cenderung terjadi saat masa kehamilan. Jika Anda tidak memberi jeda di kelahiran kedua, maka bisa saja rasa sakitnya akan lebih dibandingkan kehamilan pertama, karena otot tubuh dan perut belum mendapatkan istirahat dan belum kembali ke bentuk semula.

Tanda Tanda Mau Melahirkan Anak Pertama Berbeda Dengan Kedua

Gejala Kehamilan Yang Berbeda Pada Kehamilan Kedua

Biasanya terdapat perbedaan pada kehamilan pertama dan kehamilan kedua. Apa saja perbedaannya?

  1. Adanya benjolan. Jangan khawatir jika di kehamilan kedua muncul benjolan. Benjolan ini terjadi akibat renggangnya otot perut di kehamilan sebelumnya
  2. Mungkin saja Anda merasakan si kecil lebih aktif dari kakaknya. Tenang saja, hal ini terjadi karena Anda telah terbiasa dengan kehamilan sebelumnya, jadi Anda sudah lebih peka dengan gerakan-gerakan yang terjadi saat kehamilan.
  3. Mungkin saja Anda akan mengalami morning sickness untuk yang kedua kalinya. Atau jika Anda tidak mengalaminya di kehamilan pertama, maka Anda akan mengalaminya di kehamilan kedua ini.
  4. Anda akan merasa lebih lelah. Wajar karena Anda juga masih mengurus kakak dan suami, sehingga memang lelah ya Bu.
  5. Anda akan membutuhkan waktu persalinan yang lebih cepat dibandingkan kehamilan pertama. Untuk kehamilan pertama (wanita yang baru pertama kali melahirkan) akan dibutuhkan waktu rata-rata 8 jam untuk membuka leher rahim dan mengecek tanda tanda mau melahirkan, namun bagi wanita yang sudah pernah melahirkan sebelumnya hanya dibutuhkan 5 jam saja. Proses persalinan bagi yang pertama kali melahirkan biasanya dibutuhkan waktu 3 jam, berbeda dengan yang pernah bersalin sebelumnya hanya dibutuhkan 2 jam saja.

Bagaimana Resiko Terjadinya Komplikasi Kehamilan?

Jika Anda sehat dan di kehamilans ebelumnya tidak memiliki riwayat komplikasi tertentu, maka risiko Anda kompilkasi di kehamilan kedua ini rendah. Namun, semakin banyak anak yang dimiliki semakin besar pula Anda mengalami komplikasi. Untuk itulah, sebaiknya lakukan konsultasi secara berkala untuk mengetahui kesehatan ibu dan bayi.

Hal utama yang harus dipahami adalah riwayat medis dan kandungan Anda sebelumnya. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Apakah Perlu Dilakukan Operasi Caesar?

Jika di kehamilan sebelumnya Anda telah menjalani operasi caesar, namun Anda menginginkan kelahiran secara normal, maka selama kehamilan berjalan normal dan baik, kemungkinan dokter akan mendukung Anda untuk menjalani persalinan normal setelah didapatkan Tanda Umum Adanya Kehamilan.

Anda harus berkonsultasi dahulu pada dokter sebelumnya untuk benar-benar mengetahui yang terbaik untuk Anda dan si kecil. Anda harus mempertimbangkan kesehatan Anda dan kondisi kehamilan Anda.

Bagaimana jika kehamilan sebelumnya prematur (lebih cepat dari perkiraan)? Apakah kelahiran kedua ini juga akan prematur? Tentu saja tidak selalu. Namun, kehamilan kedua juga beresiko prematur. Untuk itu dianjurkan untuk selalu mengikuti jadwal periksa yang ditetapkan hingga tanda tanda mau melahirkan datang.

 

0 komentar:

Posting Komentar