btgsa.com memberikan beberap artikel menarik.

Senin, 16 Maret 2020

Tips untuk Memilih Sepatu untuk Anak



Tips untuk Memilih Sepatu untuk Anak - Anak-anak tumbuh dengan cepat, demikian pula ukuran kaki mereka. Tidak mengherankan, kita sering harus membeli sepatu baru untuk mereka. Saat membeli sepatu untuk anak-anak, tidak hanya ukuran yang perlu diperhatikan, bahan dan modelnya juga harus diperhatikan karena dapat memengaruhi kesehatan kakinya.

Sepatu yang tepat dan tepat untuk dikenakan dapat melindungi sendi, ligamen, dan tulang tubuh Anda. Anak-anak juga merasa nyaman saat memakainya dan aktivitas mereka tidak terganggu.
Seiring bertambahnya usia anak, kebutuhan akan sepatu juga berbeda. Agar kita tidak salah pilih, ada baiknya pahami dulu karakteristik kaki mereka di setiap usia pertumbuhan.

Anak-anak menghabiskan banyak waktu di sekolah sehingga mereka harus mengenakan sepatu yang nyaman. Setelah usia tiga tahun, kaki anak akan berkembang sekitar setengah ukuran setiap enam bulan.

Tips untuk Memilih Sepatu untuk Anak

Ini berarti sepatu sekolah akan bertahan antara 9 bulan-1 tahun. Anak usia 3-4 tahun yang masuk prasekolah, anak usia 5-6 tahun yang masuk taman kanak-kanak, dan anak usia 7-12 tahun yang masuk sekolah dasar, membutuhkan sepatu sekolah anak perempuan sd yang kuat tetapi fleksibel.
Untuk anak-anak yang masih kecil, pilih sepatu dengan pengencang velcro sehingga sepatu itu aman untuk dikenakan anak-anak. Anak-anak yang masih kecil belum bisa diajari untuk mengikat tali sepatu, sehingga tidak cocok saat mengenakan sepatu bertali.

Sedangkan anak-anak yang lebih besar dapat memakai sepatu dengan pengencang velcro atau sepatu bertali. Bahan sepatu yang cocok untuk sepatu sekolah adalah kulit atau kanvas. Sepatu dengan bahan ini cukup kuat dan terasa nyaman di kaki.

Model sepatu menjadi salah satu daya tarik bagi anak-anak sehingga mereka tertarik memakainya. Model sepatu untuk anak perempuan tentu berbeda dengan anak laki-laki. Sepatu untuk anak perempuan usia pra sekolah atau TK memiliki model yang cantik dan nyaman untuk dikenakan. Salah satu model yang cocok adalah sepatu balerina. Sepatu dengan detail bunga, pita atau kupu-kupu dapat dipilih. Warna yang cocok adalah putih, merah muda, hitam, atau biru.

Untuk anak perempuan sekolah dasar, sepatu t-bar adalah pilihan yang tepat. Variasi modelnya juga beragam dan modis. Sepatu T-bar biasanya dilengkapi dengan detail seperti kupu-kupu, bunga, atau pita. Sepatu bergaya sporty biasanya juga akan dipilih oleh anak berusia 9-12 tahun dengan warna-warna cerah.

Anak laki-laki dari usia pra sekolah, taman kanak-kanak, hingga usia 9 tahun, harus dipilih sepatu dengan detail jahitan yang menarik atau memiliki gambar karakter kartun yang ia sukai. Warna yang bisa dipilih adalah hitam, coklat, putih, atau biru. Sedangkan anak sekolah dasar usia 10-12 tahun biasanya suka sepatu kets.

Pastikan ukuran sepatu pas dengan kaki. Ukur lebar dan panjang kaki anak dengan hati-hati. Jangan membeli sepatu yang terlalu besar karena dapat menyebabkan cedera. Sepatu yang terlalu sempit akan membuat sisi-sisi sepatu menonjol karena kaki anak ditekan di dalam sepatu. Ini tentu menyebabkan rasa sakit.

Mintalah anak mencoba beberapa pasang sepatu sambil mengenakan kaus kaki untuk menemukan sepatu yang tepat. Pastikan ada jeda di bagian depan dan belakang sepatu. Setidaknya ada jarak sekitar 1,2 cm di bagian depan sepatu. Minta si anak untuk menggoyangkan ibu jarinya. Jika ibu jari bisa terguncang, itu berarti sepatu tidak kencang dan pas.

Tumit sepatu juga tidak boleh terlalu longgar sehingga sepatu tidak mudah lepas atau terlalu kencang sehingga bisa membuat otot menjadi tegang. Mintalah anak berjalan dengan sepatu yang mereka coba. Perhatikan apakah sepatu terlihat tepat pada kaki anak, apakah anak dapat bergerak secara normal, dan apakah anak terlihat nyaman memakainya.

0 komentar:

Posting Komentar