btgsa.com memberikan beberap artikel menarik.

Sabtu, 11 Januari 2020

Yuk, Kenali Penyebab Umum Kencing Nanah Agar Bisa Dicegah!



Tentu Anda sudah tidak asing lagi, bukan dengan penyakit kencing nanah? Ada baiknya untuk mengetahui penyebab umum kencing nanah. Berikut ulasannya. Sebelum itu, Anda harus tahu apa itu kencing nanah.

Dilansir dari sumber alodokter, kencing nanah atau gonore adalah salah satu penyakit menular seksual. Umumnya pria yang terinfeksi penyakit ini akan menimbulkan gejala berupa keluarnya nanah dari penis. Sedangkan pada wanita, gejala gonore ini tidak menimbulkan gejala. Selain itu, penderita gonore akan merasakan perih saat buang air kecil. Selain itu, penyakit ini dapat terjadi pada bayi akibat tertular dari ibunya selama proses melahirkan. Umumnya bayi yang terkena penyakit ini akan mengalami keluhan pada mata.

Yuk, Kenali Penyebab Umum Kencing Nanah Agar Bisa Dicegah!

Apa sih penyebab umum kencing nanah atau Gonore? Penyebab kencing nanah atau gonore adalah adanya infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini merupakan bakteri yang paling sering menular melalui hubungan intim, termasuk seks oral dan seks anal. Seseorang lebih gampang terkena apabila bergonta-ganti pasangan seks atau bekerja sebagai pekerja seks.

Sedangkan dari halaman hellosehat, kencing nanah atau gonore disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini tidak hanya mempengaruhi saluran reproduksi, tapi juga dapat menyerang selaput lendir mulut, tenggorokan, mata dan area dubur. Bakteri ini sering menyebar dari satu orang ke orang lain melalui hubungan intim, seperti seks oral, anal, ataupun vaginal. Jika anda bersentuhan dengan penis, vagina, mulut, ataupun anus seseorang yang mengidap penyakit ini, anda beresiko tinggi terkena penyakit kencing nanah ini. Perlu diingat bahwa pria tidak harus ejakulasi untuk menularkan penyakit ini kepada pasangannya.

Kencing nanah juga bisa ditularkan dari sex toys (alat seks) yang sudah terkontaminasi. Dan jika pada bayi, dapat terinfeksi dengan mudah jika ibunya juga mengidap penyakit kencing nanah ini.

Namun perlu diketahui, bakteri penyebab umum kencing nanah tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya penyakit ini tidak menular melalui dudukan toilet, alat makan, berbagi gelas, kolam renang, berbagi handuk, ciuman dan pelukan.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena infeksi gonore, antara lain :
1. Melakukan hubungan seks yang tidak aman (tanpa kondom).
2. Melakukan hubungan seks dengan seseorang yang sering berganti pasangan.
3. Gonta-ganti pasangan seks.
4. Pernah kena gonore sebelumnya.
5. Pernah mengalami penyakit kelamin lain sebelumnya.

Dilansir dari sumber klikdokter, gejala gonore dapat diketahui jika pengidap mengalami:
Pada pria akan mengalami rasa gatal dan panas di sekitar uretra, dilanjutkan dengan rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar nanah dari ujung uretra yang terkadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan nanah semakin kental dan keruh. Selain itu, terdapat nyeri pada waktu ereksi dan pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.

Pada wanita, gejala, kalaupun ada, dapat sangat ringan sehingga penderita tidak akan menyadarinya. Sebanyak 30 persen hingga 60 persen wanita penderita gonore tidak memberikan gejala. Kalaupun ada, gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan terkadang timbul rasa nyeri pada pinggul bawah. Selain itu, terdapat cairan kental dan keruh keluar dari vagina.

Itulah penjelasan singkat mengenai kencing nanah. Apakah Anda sudah paham mengenai penyebab umum kencing nanah ini?

0 komentar:

Posting Komentar